Rabu, 03 Juli 2013

Inilah Cara Aktivasi dan Login Akun PTK agar NUPTK Aktif Permanen 2013

Salam Hafiland – hari ini selasa 3 juli 2013 saya mendapat Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Lv.1 dari admin sekolah yang isinya seperti berikut :
“ … Dengan diterbitkannya Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Lv.1 maka BPSDMPK-PMP Kemdikbud menyatakan bahwa status NUPTK diaktifkan sementara, agar status NUPTK menjadi PERMANEN AKTIF (Verval Level 2) pada periode 2013 harus melakukan proses lanjutan sesuai urutan berikut :
     
     1.      Melengkapi Formulir Isian EDS PTK secara online
     2.      Melengkapi data rinci NUPTK secara online
     3.      Mencetak lembar pengajuan Verval Level 2
     4.      Menerima Cetak Tanda Bukti VerVal NUPTK Level 2 (Final) dari admin sekolah

Seluruh proses tersebut dilaksanakan secara mandiri melalui internet (online) oleh PTK bersangkutan menggunakan informasi akun dari surat tanda bukti verval level 1 yang diberikan oleh admin sekolah terdapat User ID dan Kode Aktivasi untuk login.
Proses aktivasi mandiri online dilakukan melalui alamat http://PADAMU.SIAP.WEB.ID. Jadwal Verval NUPTK level 2 dapat dilakukan mulai tanggal 17 juni 2013.
Untuk informasi dan panduan selengkapnya dapat diakses di http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu
Jika terjadi kendala dapat menghubungi admin SIAP PADAMU LPMP setempat atau email ke padamu@kemdikbud.go.id …)
Berikut ini gambar surat Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Lv.1 yang saya terima.
Setelah menerima Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Lv.1 siang harinya saya langsung online untuk mengikuti langkah-langkah yang diberikan dan tentunya agar NUPTK saya Aktif Permanen di tahun 2013 ini. 

Dibawah ini saya bagikan langkah-langkah yang saya kerjakan seperti berikut :

Buka situs Padamu Negeri, di padamu.kemdikbud.go.id atau Link Alternatif Padamu Negeri http://118.98.222.83/
Pilih menu Login, maka akan dialihkan ke alamat http://padamu.siap.web.id/
kemudian pilih tombol Login / Aktivasi Akun bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Pilih dan klik Aktivasi Akun PTK, maka akan menuju halaman aktivasi PTK di http://aktivasi.siap.web.id/ptk
Masukkan UserID/NUPTK/PegID dan Kode Aktivasi yang terdapat pada lembar surat tanda bukti verval level 1, lalu klik tombol Lanjut...Jika berhasil masuk, maka akan menuju halaman yang berisi data pribadi anda yang telah diisi oleh operator sekolah.
 

Baca dan lihat dulu profil data anda mulai dari nama, tanggal lahir, tempat tugas, dan NUPTK, jika ada kesalahan harap menghubungi Operator Sekolah untuk diperbaiki datanya termasuk data pembuatan akun baru...
Pada lembar di atas, diharapkan agar berhati-hati dan teliti, karena pada dasarnya kita akan membuat akun SIAP PADAMU NEGERI yang akan digunakan untuk VerVal NUPTK. Centang pada "Saya ingin membuat Akun baru", Username sudah tersedia, biasanya username menggunakan NUPTK, lalu pada kotak Password, isilah dan buatlah Password baru (terserah, seperti membuat password akun-akun lain) dan ulangi Password di kotak bawahnya, kalau sudah klik Lanjut...


Pada halaman konfirmasi seperti gambar di atas, kita diberikan kesempatan untuk meneliti Biodata Diri serta Data Login username dan password yang telah dibuat, jika dirasa sudah benar maka klik tombol Simpan...

maka kita sudah melengkapi DATA DASAR (langkah 1 dari 4 langkah aktivasi)

Berikutnya MENGISI ANGKET EDS sejumlah 57 pertanyaan dijawab dengan mengklik pilihan jawaban sesuai pendapat pribadi, untuk kotak pilihan berbentuk bulat harus dipilih hanya salah satu jawaban dan jika kotak pilihan berbentuk persegi maka kita dapat memilih lebih dari 1 (satu) pilihan jawaban, lanjutkan menjawab pertanyaan sampai selesai.
 
langkah ketiga adalah MENGISI DATA RINCI, disini harap mempersiapkan semua berkas bahan isian seperti berikut:
KTP
Kartu Keluarga (KK)
SK pertama di sekolah Induk
SK pertama PNS
SK terakhir PNS
Gaji Pokok Terakhir
SK pertama sebagai Guru
Sertifikat Sertifikasi
SK Tugas Tambahan (Wakil Kepala Sekolah dll)
SK PBM semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2012/2013
Ijazah SD
Ijazah Terakhir (Perti dll)
 



Jika sudah melakukan aktivasi dan membuat akun PTK selanjutnya anda dapat melakukan login di http://padamu.siap.web.id/, cara login PTK adalah sebagai berikut...
Buka situs Padamu Negeri atau langsung ke halaman login di http://padamu.siap.web.id/
kemudian pilih dan klik Login PTK maka akan menuju ke halaman  Padamu di https://paspor.siap-online.com/cas/login?&service=http://padamu.siap.web.id/login

Masukkan SIAP ID atau NUPTK dan masukkan password yang sudah dibuat saat aktivasi akun PTK sebelumnya, kemudian klik login...maka akan menuju halaman PTK - SIAP Padamu Negeri.
Kalau sudah berhasil masuk di SIAP Padamu Negeri, disinilah VerVal NUPTK 2013 tahap selanjutnya dilakukan sampai akhirnya NUPTK anda dinyatakan Permanen Aktif dan Resmi Terdaftar di BPSDMPK-PMP di tahun 2013.



 

langkah ke-empat (terakhir) Mencetak klik pada selesaikan di point 4 verifikasi data anda, saat saya mau mencetak ternyata muncul pernyataan seperti gambar berikut:


 
akhirnya saya harus menunggu hingga tanggal 8 juli 2013 baru bisa mencetak hasil verval level 2 untuk diserahkan ke operator sekolah, tapi walaupun demikian saya sudah lega karena tahap 1 s/d tahap 3 sudah saya kerjakan.
Semoga Bermanfaat, Salam Hafiland 


Title: Inilah Cara Aktivasi dan Login Akun PTK agar NUPTK Aktif Permanen 2013; Written by Hafiland Hafiz; Rating: 5 dari 5

5 komentar:

  1. selamat malam,

    mohon informasi&petunjuknya

    saya sudah aktivasi akun PTK, namun di sebelah kiri hanya ada 2 pilihan, yaitu :
    * mengisi data rinci
    * verifikasi data anda
    tidak ada *mengisi angket EDS seperti yg bapak lakukan

    akhirnya saya isi data rinci tsb sampai selesai sampai muncul "cetak tanda bukti", namun sayangnya tidak bisa tercetak, selalu kembali ke halaman awal ketika akan mengisi Data Rinci

    bagaimana solusinya ya pak?
    mohon bantuannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam juga ibu/bapak,
      masalah tidak ada *mengisi angket EDS kemungkinannya adalah data ibu dianggap sebagai "Tenaga Pendidik" bukan "Tenaga Kependidikan (guru)"
      #solusi silahkan konfirmasi kembali ke operator sekolah.

      masalah tidak bisa tercetak kemungkinannya adalah Versi program Flash di komputer masih belum diupdate ke versi terbaru sehingga tombol "cetak" tidak berfungsi
      #solusi silahkan update program Flash Player komputer

      Demikian yang dapat saya informasikan saat ini, semoga membantu.
      Terima Kasih telah berkunjung.
      Salam Persaudaraan

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum.....
    mohon bantuannya pak....
    saya kepsek sudah print out surat tanda bukti verval nuptk LV. 1
    masalahnya ketika KLIK isi angket EDS tidak muncul apa apa warning juga tdk ada.....mungkin ada kesalahan, mohon petunjuknya n solusinya gmn pak...... terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. Assalamu alaikum..
    Mohon solusinya pak...
    saya telah prin out surattanda bukti verval NUPTK LV. 1
    masalahnya. ketika KLIK isi angket tidak muncul apa apa /tidak ada perubahan apa apa warning juga tdk ada, .... mungkin ada kesalahan atau kurang lengkap.. mohon maaf bagaimana solusinya pak, (saya belum tau dimana kesalahannya) terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkmsalam..
      - kepsek bisa isi EDS kalau semua PTK (100%) sudah selesai isi EDS
      - kepsek bisa verval level 2 kalau semua PTK (100%) sudah bintang 4
      kalau syarat itu sudah dipenuhi tapi tetap tidak bisa, coba refresh browser, atau logout kemudian login ulang

      semoga cepat selesai vervalnya karena mendekati limit verval tanggal 30 September 2013

      ada beberapa kasus dari pertanyaan yang saya posting di sini pak, mungkin membantu :
      http://ptk-sekayamraya.blogspot.com/2013/09/solusi-pertanyaan-yang-sering-muncul.html

      Hapus

Mohon Komentar dengan EYD, pesan dengan singkatan akan dihapus tanpa dilihat.